Sabtu, 15 Juli 2017

Fakta Unik Ibu Hamil yang Suami Wajib Ketahui

Garasi-informasiunik - Hamil merupakan idaman bagi setiap wanita yang ingin segera hamil setelah menikah, dan ada juga yang menunda hamil karena alasan tertentu. 

Bagi anda para wanita pasti yang sudah berumut dan baru saja menikah pastilah tidak menunda kehamilan dan ingin segera hamil dan mempunyai momongan di karenakan faktor umur yang sudah terlalu tua saat menikah. 

Dikalangan masyarakat kita kehamilan itu sendiri memiliki banyak cerita tersendiri seperti mitos yang memang turun temurun dari jaman nenek moyang terdahulu hingga sampai saat ini. 

Buat anda para suami simak beberapa Fakta Unik dan Menarik Seputar Ibu Hamil yang di kutip dari Garasi-kesehatan

http://garasigaming.com/

Pada saat hamil, beberapa ibu lebih gampang tersulut emosinya sehingga mudah uring-uringan. Psikolog Debora Basaria menuturkan pada trimester pertama, yakni di awal pembentukan janin, pasti ada perubahan hormonal dalam diri seorang perempuan. Nah hal ini berdampak pada sensasi fisik seperti rasa mual, pusing dan rasa tidak enak pada tubuh. Sensasi tidak menyenangkan inilah yang kemudian bisa berdampak pada kondisin emosi Ibu. 
Konon jika janin yang dikandung berjenis kelamin laki-laki maka bentuk perut sang ibu 'Mancung' alias lebih maju kedepan seperti ujung telur. Sedangkan jika janin yang dikandung perempuan maka bentuk perut ibu hamil lebih bulat atau melebar.
Malcolm Dixon, dokter kandungan dan ginekolog di Rocdale Infirmary, menyebut terkadang posisi bayi di dalam rahim juga mempengaruhi penampakan babi bump, Jika punggung janin di depan, maka lengan dan kakinya kurang tampak, sehingga bentuk baby bump 'Lebih Rapi'. Sedangkan jika janin membelakangi sang ibu, maka lengan dan kakinya kerap 'mencuat'

Salah satu masalah yang kerang di alami ibu hamil yakni sulit memejamkan mata saat malam hari, ini bisa terjadi karena ibu merasa mulas, pinggul linu, ingin buang air kecil di tengah malam, hingga terganjal kondisi perut yang besar, Ya saat perut semakin besar, rasanya memang tidak nyaman saat terlalu lama berada di suatu posisi tertentu, Jika anda mengalaminya, anda tidak sendiri. Ketimbang merasa stres karena sering terbangun di malam hari, lebih baik anda menikmatinya. 
Gerah alias kepanasan sering kali di keluhkan ibu-ibu hamil, terutama jika kehamilannua sudah semakin besar, Rasa Gerah ini muncuk karena peiningkatan kadar hirmon progesteron yang membuat aliran darah lebih meningkat. Aliran darah memang harus meningkat agar zat gizi untuk tumbuh kembang janin bisa terdistribusi dengan baik. Saat hamil, laju metabilisme juga makin tinggi sehingga makin banyak pula kalori ataupun energu panas yang dihasilkan ayai dilepaskan. Pakaian longgar dan sirkulasi darah yang baik sangat di sarankan agar ibu hamil tidak terlalu gerah dan berkeringat. 
Direktur Medis March of Dimes Birth Defects Foundation mengatakan ngidam sebenarnya tidak ada dalam istilah kedokteran, Keadaan itu disebutnya hanya ada di kepala dan merupakan produk dari perubahan hormon saat hamil. Bahkan beberapa ahli mengatakan ngidam adalah bentuk pengundaran dan perlindungan dari makanan. Biasanya ngidam terjadi di awal kehamilan, 3 bulan pertama, bukan berasal dari janinnya tetapi dari proses hormonal yang berubah.
Mudah lelah, ngantukkan, dan lemas sering dikeluhkan perempuan di awal kehamilan nya. Sebabnya metabolisme tubuh sedang bekerja dalam intensitas tinggi untuk membentuk plasenta. Hormon kehamilan (HCG) pun meningkat cepat untuk membantu menyiapkan kehmailan sesuatunya bagi janin. Tak heran gula darah dan tekanan darah seringkali turun, sehingga ibu hamil mudah lelah.
Pada saat hamil, rahim dalam tubuh melebar 1.000 kali volume awal, sehingga asam lambung meningkat. Bahkan wanita yang tidak memiliki riwayat sakit maag sebelumnya, sistem pencernaan bisa terganggu karena perubahan hormon. Hal ini menurut Gita Pratama, SpOG dari Klinik Yasmin RSCM sangat perlu untuk di pahami, agar ketika menemukan gejala-gejala tersebut para ibu hamil tidak bingung ataupun kaget. 

Meningkatnya hormon progesteron untuk mencegah kelahiran prematur dan membuat rahim serta beberapa otot lainnya menjadi rileks bisa memberikan keluhan sembelit pada ibu hamil. Sebab hormon ini juga membuat pencernaan menjadi rileks seghingga ibu hamil merasa kembung dan susah buang ait besar. 

Saat kandungan memasuki usia 7 bulan, biasanya ibu hamil cenderung lebih muda capek dan lelah, Akibatnya, ibu jadi sering merasa sesak dan ngos-ngosan.

Ibu hamil rentan dehidrasi, karena itu harus mendapat cukup cairan. Dehidrasi bisa menyebabkan berkurangnya air ketuban pada ibu hamil. Hal ini pun berpengaruh pada bayi karena ketika cairan ketuban berkurang, bayi tidak berkembang dengan baik. 

Itulah Beberapa Fakta Unik Seputar ibu Hamil, yang wajib anda ketahui baik suami atau pun calon ibu. 

Shared jika bermanfaat, terima kasih.. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar